Laman

Senin, 28 Februari 2011

Framework Lima Kekuatan Untuk Mencapai Meuntungan Industri yang Berkelanjutan.

Keuntungan industri yang berkelanjutan dipengaruhi oleh factor :


1.Entri (memasuki industry).

Faktor-faktornya yaitu :
a.Biaya masuk ke sebuah industry
Untuk memasuki sebuah lingkungan industry, diperlukan biaya-biaya seperti modal,investasi dan sebagainya.
b.Keceptan penyesuaian
Sebuah perusahaan yang cepat dalam mnyesuaikan diri dengan lingkungan akan mampu bertahan karena mampu memahami keadaan lingkungan sekitarnya.
c.Sunk cost
yaitu biaya-biaya telah dikorbankan dalam serangkaian (arah) tindakan, pengambil keputusan mempunyai kesempatan untuk merubah, dan konsekuensi dari perubahan yang penuh dengan ketidakpastian
d.Economics of scale
adalah konsep jangka panjang dan mengacu pada pengurangan biaya unit sebagai ukuran fasilitas dan tingkat kenaikan penggunaan input lainnya
e.Efek network
f.Reputasi
semakin tinggi reputasi sebuah perusahaan dalam dunia industri, maka costumer akan semakin mempertimbangkan untuk menyukai produk dari perusahaan tersebut.
g.Switching cost
Yaitu sebuah istilah yang digunakan dalam ekonomi mikro, manajemen strategis , dan pemasaran untuk menggambarkan setiap halangan pelanggan yang berubah-ubah pemasok. Di banyak pasar , konsumen dipaksa untuk menanggung biaya ketika berpindah dari satu pemasok yang lain.. Biaya tersebut disebut switching biaya dan dapat datang dalam berbagai bentuk.
h. Aturan dan batasan yang diberikan pemerintah.


2.Kekuatan pemasok (supplier) input produksi

Faktor-faktornya yaitu :
a.Konsentrasi supplier
karena semakin banyak permintaan pasar , pemasok harus cepat tanggap dalam menanganinya
b.Produktifitas input alternative/harga
c.Hubungan investasi khusus
d.Biaya berpindah supplier (supplier switching cost)
e.Aturan pemerintah


3.Industri pesaing

Faktor-faktornya yaitu :

Persaingan adalah keadaan ketika organisasi berperang atau berlomba untuk mencapai hasil atau tujuan yang diinginkan. Ada beberapa factor yaitu :
a.Konsentrasi
b.Harga, jumlah, kualitas dan persaingan layanan.
Harga, jumlah, kualitas dan persaingan layanan,itu semua adalah factor yang termasuk penting dalam kelangsungan sebuah industry. Semakin hal-hal itu ditekankan maka industry tersebut akan mampu bersaing dengan yang lainnya.
c.Derajat differensiasi
Merupakan hal terpenting dalam sebuah persaingan, dengan diferensiasi, maka sebuah industry akan dipandang berbeda oleh konsumennya.
Suatu perusahaan dikatakan memiliki keunggulan kompetitif ketika perusahaan tersebut mempunyai sesuatu yang tidak dimiliki pesaing, melakukan sesuatu lebih baik dari perusahaan lain, atau mampu melakukan sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh perusahaan lain
d.Waktu pengambilan keputusan
Hal ini sangat penting guna menentukan sasaran pasar yang akan dicapai.
e.Informasi
Informasi sangatlah diperlukan untuk mengetahui harga pasar dan kondisi yang sedang terjaadi dalam dunia perekonomian.
f.Aturan pemerintah.


4.Subtitusi dan komplemen
Faktor-faktornya yaitu :
a.Harga/nilai dari produk atau jasa subtitusi’
b.Harga/nilai dari produk atau jasa komplemen
c.Aturan pemerintah


5.Kekuatan pembeli

Faktor-faktornya yaitu :
a.Konsentrasi pembeli
Hal ini dilakukan untuk menentukan produk apa yang akan disenangi pembeli dan yang akan diproduksi selanjutnya.
b.Hubungan konsentrasi khusus
c.Costumer switching cost
d.Aturan pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar