Laman

Kamis, 06 Januari 2011

Sosok Soekarno

Generasi muda merupakan generasi harapan bangsa, tulang punggung bangsa Indonesia. Masa depan suatu bangsa ditentukan dari nilai, moral dan pendidikan para generasi mudanya, akan dibawa kemana Negara ini bila generasi mudanya tidak memiliki moral dan pendidikan yang layak….?

Berikut ini saya akan menuliskan beberapa cerita tentang seorang tokoh yang sangat berperan bagi bangsa ini, yang patut untuk dijadikan teladan bagi generasi muda masa kini…

Saya sangat kagum dengan beliau, berkat beliau beserta rekan-rekannya,, bangsa ini tercipta. beliau telah tiada, namun pemikiran, sosok, karya, serta rekaman jejak sejarahnya masih dikenang sampai hari ini dan barangkali sampai 1000 tahun lagi.

Ir.Soekarno, beliau adalah presiden Indonesia yang pertama kali. Pria yang lahir dari pernikahan antara Raden Soekemi Sosrodihardjo dengan Ida Ayu Nyoman Rai di Blitar jawa timur pada tanggal 06 juni 1901 ini ketika lahir diberi nama Kusno Sosrodihardjo. Namun, karena sering sakit-sakitan maka nama beliau diganti menjadi Soekarno. Soekarno memiliki kakak perempuan bernama Sukarmini. Kakek Soekarno bernama Raden Hardjokromo

Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh. Dari istri Hartini mempunyai Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempunyai anak Kartika..

Soekarno hidup bersama orang tuanya hanya pada saat masa kecilnya saja, semasa Sekolah Dasar ia tinggal disurabaya dikediaman Haji Oemar Said Tokroaminoto yang merupakan politisi pendiri Syarikat Islam dan kembali melanjutkan sekolah di Hoogere Burger School (HBS). Setelah lulus dari HBS, beliau pindah ke Bandung dan melanjutkan di Technische Hoogeschool/THS yang sekarang menjadi ITB. Ia berhasil meraih gelar insinyur pada tanggal 25 Mei 1926.

Pada tanggal 4 Juli 1927 , beliau mendirikan PNI ( Partai Nasional Indonesia ) dan merumuskan ajaran Marhaenisme yang menyebabkan beliau dimasukkan kedalam penjara Sukamiskin,Bandung pada bulan Desember 1929 dan PNI dibubarkan pada bulan Juli 1930.
Soekarno Setelah bebas pada tahun 1931, Soekarno bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende, Flores, tahun 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu.

Pada 17 Agustus 1945, Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Yang merupakan jerih payahnya bersama para pelopor kemerdekaan. Sebelumnya, Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Ir.Soekarno mengemukakan gagasan tentang dasar negara yang disebutnya Pancasila dan 18 Agustus 1945 Ir.Soekarno terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Kesehatan Soekarno mulai menurun sejak Agustus 1965 lantaran mengidap gangguan ginjal dan sempat dirawat di Austria pada 1961 dan 1964. Prof. Dr. K. Fellinger menyarankan agar ginjal kiri Soekarno diangkat tetapi ia menolak. Kemudian tepat pada hari Minggu, 21 Juni 1970 di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) Gatot Subroto, Jakarta dengan status sebagai tahanan politik Soekarno meninggal dunia. Dalam wasiatnya Soekarno minta dimakamkan di Batu Tulis Bogor, tetapi kemudian dibawa ke kampung halamannya dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Sumber :
http://www.anneahira.com/tanggal-lahir-bung-karno.html
http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/biografi-presiden-soekarno.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar